komunikasi interpersonal

Semester kali ini,saya dapat mata kuliah Komunikasi Interpersonal dan menurut saya kuliah ini sangat menarik,materinya juga tidak telalu berat.Nah, kali ini saya akan sedikit membahas tentang komunikasi interpersonal.

Penjelasan saya tentang komunikasi adalah proses pertukaran informasi dari dua belah pihak atau lebih. Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam kehidupan mengingat manusia itu sendiri adalah manusia sosial atau bermasyarakat. Berbicara tentang manusia itu sendiri,sebenarnya menurut psikologi,ada beberapa konsep yang relevan tentang manusia.

Konsep manusia itu dibagi menjadi empat,yaitu:

  • Psikologi Behaviorisme : Mahluk jasmani/kebiasaan perilaku
  • Psikologi Kognitif : Manusia mahluk berfikir
  • Psikologi Psikoanalisis : Manusia memiliki mental/bawah sadar
  • Psikologi Humanisme : Manusia memiliki keunikan/berbeda

Dari konsep-konsep tersebut diatas,dapat kita simpulkan bahwa manusia adalah mahluk yang unik (unique&complicated), sehingga untuk berkomunikasi, kita harus memperhatikan aturan-aturan dalam berkomunikasi,sehimgga nanti tidak terjadi kesalahpahaman(missunderstanding).

Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan dengan orang lain.Berhadapan dengan orang lain atau komunikasi interpersonal adalah sebuah metode komunikasi yang sering digunakan oleh manusia pada saat bekerja,bergaul dan bermasyarakat.Miskinnya komunikasi merupakan masalah yang sering dihadapi oleh semua orang. Padahal,komunikasi adalah hal yang sangat mudah secara teori dan prakteknya,namun bagi sebagian orang menjadi sulit untuk diterapkan

Komunikasi itu sendiri bisa terjadi secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi langsung dapat dilakukan secara langsung berbicara dengan lawan bicara kita.Komunikasi ini,sangat efektif untuk mengetahui tanggapan lawan bicara terhadap kita.Kemudian selain itu,ada komunikasi tidak langsung.Biasanya,orang berkomunikasi lewat email, surat menyurat, SMS, presentasi dan pertemuan.Komunikasi ini adalah komunikasi secara tidak langsung. Komunikasi tidak langsung memang efisien,tapi lebih dianjurkan untuk melakukan komunikasi secara langsung(face to face),karena jika komunikasi itu dilakukan secara langsung,maka kedua belah pihak lebih memahami informasi yang diberikan,selain itu lebih mengenal lawan karakteristik lawan bicara,sehingga resiko salah paham dapat diminimalisir.

Untuk melakukan komunikasi dengan baik,sebaiknya kita mengetahui situasi dan kondisi serta karakteristik lawan bicara kita.Sebagaimana yang kita tahu,bahwa setiap manusia itu seperti sebuah radar yang melingkupi lingkungan. Manusia bisa menjadi sangat sensitif pada bahasa tubuh, ekspresi wajah, postur, gerakan, intonasi suara dan masih banyak lagi. Untuk mengefektifkan komunikasi, dinamika komunikasi interpersonal harus senada dengan perkataan kita. Kata-kata lebih jarang digunakan oleh orang yang terlingkupi makna dari komunikasi itu sendiri. Tanpa menyadari adanya orang-orang semacam itu, yang melakukan komunikasi, termasuk faktor-faktor dalam dinamika komunikasi interpersonal, pasti kehilangan apa sesungguhnya yang akan dikomunikasikan. Pada saat yang sama, jika orang berkomunikasi tanpa memahami keseluruhan dinamika komunikasi interpersonal dari hati dan pendengarannya orang yang diajak berkomunikasi maka orang tersebut telah gagal dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh, ekspresi wajah, postur, gerakan dan intonasi suara akan membantu individu untuk memberi penekanan pada kebenaran, ketulusan dan reliabilitas dari komunikasi itu sendiri sehingga komunikasi itu sendiri dapat mempengaruhi pola pikir lawan bicara kita.

ki

Dari uraian diatas, kesimpulannya adalah bahwa komunikasi interpersonal adalah proses yang harus dilakukan setiap manusia sebagai mahluk sosial,karena dengan melakukan komunikasi interpersonal,kita dapat mendapatkan informasi dan menyatukan pola pikir kiat dengan lawan bicara kita.Hal ini penting dilakukan oleh kita,karena kita hidup secara bermasyarakat dan untuk mempererat hubungan kita dengan yang lain.

Hari ini adalah orang yang sama dengan anda
di lima tahun yang akan datang
kecuali 2 hal,yaitu;
orang2 disekeliling anda dan buku2 yang anda baca
Charles “Tremendeous” Jones

47 thoughts on “komunikasi interpersonal

  1. kUraNg bNyk iNfo kMunikaSi iNter pRson4L’y……
    taMbahIn Lg d0nk,,,,kAn perlu wAt tGs scOoL,,,,,
    OnCret…..!!!!!!

  2. @ amoy : introspeksi dir dan truz belajar..
    klo gagal,belajar lg,seperti kata iklan,ga ada noda yg ga belajar…^_^

  3. tapi………….
    yang nulis blog ini gantang sekali!!!!!!!!!!
    mmmmmmmmmmuuuuahhhh!!!!!!!!!!!

  4. makasi banyak, yah atas tambahan ilmunya…
    aku lagi dalam proses bikin proposal skripsi, niy… kebetulan temanya sesuai ama informasi ini..
    Hm,,, boleh minta tolong dikit gak???
    punya informasi mengenai buku2 yang juga ngebahas hal ini?? mudah2an bisa jadi referensi..mungkin, kalau ada judul7pengarangnya,, supaya gampang dicari..
    makasi banyak, yah…
    ^_^

  5. @ Bhara : sami-sami,bro..
    @ Nana : Hmm,dari malaysia kah??
    @ Fifi : alhamdulillah bs bermanfaat..
    @ Sodang : sama-sama,klo tentang buku kayaknya saia kurang tau juga,coz ga begitu mendalami ini..saia cuma berdasarkan referensi di web ja..mungkin om gugel bs ngebantu..
    Sukses buat skripsinya…^_^

  6. haha yek,,suwun info ne…aq pas nggolek2 bahan buat KI,kok blogmu mbedundu’ nongol urutan pertama,,,

    suwun ilmune jeh,,takdukung selalu awakmu jadi kagama,,

    piss

  7. sy dari malaysia…
    sedikit sebanyak sy dapat maklumat dari blog anda for my asingment… thanx a lot..

  8. hey aku bingung nich aku di kasih tugas ama dosenku susah banget, aduh mana mau dikumpul lagi

  9. makasih bgt informasi nya yaaaaaaaaaaaa,,,,,,,,,,,
    ini penting bgt bwat mahasiswa kbidanan kyak w🙂

  10. hello..
    saia dari malaysia..
    thanz 4 the information..
    sedikit sebanyak dapat membantu saia membuat tugasan..
    thank a lot..

  11. wahh wahh,, kebetulan judulnya pas banget buat tugas makalah KI dari P. Edi Setiawan.. heheee makasiii mass

  12. artikel nya sangat menarik pak, ada yang ingin saya tanyakan, apakah Anda punya artikel/informasi lebih detil mengenai komunikasi interpersonal face to face, seperti bahasa tubuh lawan bicara, katakanlah tatapan mata lawan bicara apabila dia berbohong seperti apa, apabila dia gugup, apabila jenuh dengan pembicaraan.. dsb, apabila ada mohon dapat untuk di emailkan ke saya dan juga di postingkan.. tks

  13. lumayan bagus nih materi nya,,,

    tP kurang lengkaP…
    tP thanx a lot for ur statement about communication interpersonal,,,

    like this,,,
    cocok sama juR ku dikampus,,,

  14. virgo :

    artikel nya sangat menarik pak, ada yang ingin saya tanyakan, apakah Anda punya artikel/informasi lebih detil mengenai komunikasi interpersonal face to face, seperti bahasa tubuh lawan bicara, katakanlah tatapan mata lawan bicara apabila dia berbohong seperti apa, apabila dia gugup, apabila jenuh dengan pembicaraan.. dsb, apabila ada mohon dapat untuk di emailkan ke saya dan juga di postingkan.. tks

    maaf,saya tidak ada refernsinya,dan sebenarnya ini hanya opini ttg komunikasi interpesonal yang saya dapat dikampus yang secara general saya kupas dari sudut pandang saya..:)

  15. siti aisyah :

    lumayan bagus nih materi nya,,,

    tP kurang lengkaP…
    tP thanx a lot for ur statement about communication interpersonal,,,

    like this,,,
    cocok sama juR ku dikampus,,,

    Sama-sama dan sepertinya semua jurusan juga butuh mata kuliah ini..
    *asalkan sesuai dan tidak berlebihan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s