Manajemen Rantai Pasok

Setelah sekian lama hilang dari peradaban blog, akhirnya dengan semangat baru mulai muncul kembali hasrat untuk nge-blog. Alasan simpel karna sekarang sudah mendekati akhir dari masa study saya di jurusan ini, maka saya pun ingin membuat beberapa tulisan tentang apa yang sudah saya dapat disini. Sedikit ingin bernostalgia dengan blogging yang jadi salah satu hobby saya disemester awal di jurusan SI ini

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang salah satu materi yang menarik, yaitu tentang manajemen rantai pasok (MRP). Materi ini baru saya ambil di semester tujuh. Mengapa materi ini saya angkat,karena sebenarnya MRP itu sangat dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari, seperti kata pepatah “jauh dimata dekat dihati”, yang maksudnya gini hasil produk dari proses MRP itu bisa dengan mudah didapat oleh konsumen ,tapi proses untuk menghasilkan produk itu sampai ketangan konsumen,nah itu butuh perjalanan yang panjang.

Sebenarnya apa rantai pasok itu?
Mengacu pada penjelasan dari dosen saya, Ibu Mahendrawathi ER, Ph.D , MRP , Rantai pasok adalah :

Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan yang bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir).

Sedangkan manajemen rantai pasok berarti pengelolaan aliran antar dan diantara tahapan rantai pasok untuk memaksimalkan profitabilitas keseluruhan rantai pasok. Didalam rantai pasok ada tiga aliran penting yaitu material,informasi dan uang. Material yang berarti produk, informasi yang berarti data yang telah diolah, dan cost sebagai pembiayaannya itu.

MRP itu sendiri sangat mendukung proses bisnis dari suatu perusahaan. Bayangkan apabila kita mempunyai se\uatu perusahaan yang terdiri dari departemen-depatement dan komponen lain,namun setiap departement mempunyai sistem tersendiri dan tidak bisa memberikan informasi secara realtime. Hasil yang didapat mungkin,produk itu tidak akan sesuai dengan target perusahaan dan malah dapat membuat kerugian besar bagi perusahaan. Bukan hal yang mudah,untuk menereapkan manajemn rantai pasok di suatu perusahaan. Berbagai tantangan yang harus dihadapi dalam Mengelola MRP, mulai dari Kompleksitas Struktur Supply Chain.Disini penerapan MRP melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda/bertentangan, selain itu juga terkait perbedaan bahasa, zona waktu dan budaya antar perusahaan. Masalah seperti ketidakpastian permintaan, ketidakpastian pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitas bahan baku, dll,kemudian terkait ketidakpastian internal: kerusakan mesin, kinerja mesin yang tidak sempurna, ketidakpastian kualitas produksi,juga dapat menjadi kendala didalam penerapan MRP ini.

Namun begitu, tantangan tersebut juga dapat diatasi, karena bagi perusahaan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Sehingga MRP ini menjadi sangat penting bagi suatu perusahaan. Mau tidak mau,perusahaan harus menerapkan MRP, sehingga perusahaan dapat menjalankan proses bisnisnya.

I’ve failed over and over
and over again in my life
and that is why I succeed.
– Michael Jordan –

2 thoughts on “Manajemen Rantai Pasok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s