Antara platonis dan leverage

Love does not consist in gazing at each other but in looking outward together in the same direction

Ungkapan ini lebih dikenal dengan cinta Platonis yang dicetuskan oleh seorang plato dalam naskah yang berjudul Symposium. Platonis adalah sebuah prasyarat untuk mencintai jiwa lebih daripada tubuh. Kahlil gibran menjelaskan platonis dengan lebih dalam

Isi setiap cangkir lain, tapi tidak minum dari satu cangkir
Mencintai satu sama lain, tetapi tidak membuat ikatan cinta
Berikan hati Anda, tetap tidak saling menjaga
Berdiri bersama namun tidak terlalu dekat untuk bersama-sama

Jika kamu menganggap bahwa Posting kali ini  tentang cinta, atau tentang sesuatu yang “menye-menye”, Absolutely no! Ini bukan tentang kegalauan atas nama cinta, tapi ini cerita santai tentang pengalaman dan sedikit dibahas dalam pandangan romantisme versi saya.

Sabtu, 2 juni, dalam sebuah pernikahan teman, saya bertemu dengan salah satu senior dikampus. Obrolan singkat sepanjang acara itu akhirnya menjadi ajang mentoring transfer pengalaman dan masukan buat saya yang masih  mencoba merintis dan survive di startup company kami. Obrolan ini juga kembali mengingatkan dan menguatkan saya, bahwa seorang bayi tetap butuh proses untuk menjadi dewasa, untuk merangkan, berjalan sampai berlari. Apa hubungannya? Secara tersirat dan tersurat relevansinya adalah :

Platonis dan leverage?
Diawal saya mengutip sebuah teori plato tentang platonis. Topik platonis memang menarik untuk dibahas, beberapa hari yang lalu saya membahas ini dengan, teman. Bahasan ini diakhiri dengan suatu kesimpulan bahwa Cinta platonis adalah cinta ikhlas ,tulus tapi kadang menyedihkan karena platonis mengindikasikan tentang cinta yang tidak berbalas. Memang terlihat mengenaskan,tapi sebenarnya platonis mengajarkan definisi cinta dalam keikhlasan

Terus apa hubungannya?
Berlanjut dengan obrolan singkat saya sebelumnya, ketika kita membangun sebuah startup company, Apa yang selalu menjadi kendala terbesar dan selalu menjadi startup?

Mostly, the answer is CAPITAL alias MODAL

Sependapat? Mungkin jawaban ini memang Benar. Penting, tapi bukan yang utama, melainkan kepercayaan.

Senior yang saya temui ini bercerita tentang usahanya di masa-masa diawal, yang mengalami puasa selama hampir 1 tahun. Dan memang bukankah selalu ada kesulitan dan worst case, dari setiap yang kita lakukan. Jika teman-teman punya startup atau sedang berjuang, pertanyaannya, apakah sudah siap dengan segala kemungkinan terburuk nya? Tidak perlu dijawab,karena yang terpenting bukan jawaban ya dan tidak, tapi alasan yang mengikutinya.

Mungkin ini juga bisa disebut Platonis, dalam versi yang berbeda. Pengorbanan dan keikhlasan atas setiap usaha yang dilakukan.

Obrolan berlanjut tentang bagaimana dia dan timnya memulai membuat situs crowdsourcing dan visi kedepannya. Apa yang dilakukannya, memang menjadi salah satu referensi kami juga dalam kampusnews.com yang saat ini masih versi beta. Yang menarik adalah ketika disinggung tentang leverage. Leverage itu adalah daya ungkit, bisa dapat berupa partner, pembimbing, tim, network, sumber daya, sistem dan peralatan yang dapat menjadi daya ungkit dalam usaha yang dilakukan.

Leverage ini penting, dan kami diingatkan untuk segera menemukan leverage-leverage lainnya. Memang kami bukan tanpa usaha, tapi mungkin karena sebelumnya masih terlalu idealis dan belum menganggap ini sesuatu yang sangat urgen. Leverage perlu untuk mendorong ke zona yang berbeda, ke level selanjutnya, dan dapat memberi warna yang berbeda tentunya dengan segala manfaat dan resiko yang ditanggung bersama.

Platonis dan Leverage, seperti dua hal yang bisa saja sangat berbeda tapi saling berkaitan atas apapun yang kita kerjakan, not take and give but give and take or just give then may Allah do the rest.

“Nobody can be successful unless he loves his work.”
– David Sarnoff –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s